Mengunjungi Muara Bengawan Solo Purba di Objek Wisata Pantai Sadeng

Mengunjungi Muara Bengawan Solo Purba di Objek Wisata Pantai Sadeng

Posted on

Bengawan Solo yang saat ini menjadi salah satu objek wisata menarik, tidak ketinggalan pantai sadeng juga menjadi muaranya, selain menjadi objek wisata juga jadi salah satu pelabuhan perikanan besar yang ada di Yogyakarta.

Keduanya jadi jejal geologi yang paling berharga. Beberapa waktu yang lalu, juga sempat diadakan paket wisata untuk menyusuri jalur Bengawan Solo Purba hingga muaranya.

Dalam perjalanan untuk menuju pantai sadeng ini, ada beberapa ratus meter jalur aliran Bengawan Solo Purba yang dapat Anda nikmati pemandangannya.

Berhenti sejenak di tepian jalan untuk menuju pantai atau pun berjalan perlahan merupakan cara yang paling tepat untuk bisa menikmati pemandangan bekas aliran ini, sekaligus memberikan kesempatan untuk mengabadikannya dengan kamera.

Pemandangan indah muara Bengawan Solo Purba di pantai sadeng

Terlihat dua buah perbuktian kapur yang tinggi dan memanjang mengapit sebuah daratan rendah, yang semulanya merupakan jalur aliran.

Daratan ini rendah yang kini jadi lahan berladang palawija para penduduk setempat itu berkelok-kelok indah, memanjang sejauh 7 km ke arah utara, hingga ke wilayah Pracimantoro kabupaten Wonogiri.

Keelokkannya bisa membuat mata tergoda untuk menyusurinya ke utara sampai ke tempat pembalikan aliran sungainya.

Jalur aliran ini juga dapat disusuri ke arah selatan hingga denga bekas muaranya di pantai sadeng. Jika telah sampai ke pantainya, maka sebuah pemandangan berbeda akan segera Anda jumpai.

Wilayah pantai ini juga telah mengalami banyak perubahan, seperti adanya jalur aliran yang kini jadi ladang-ladang penduduk.

Pantai sadeng kini jadi pelabuhan perikanan di Yogyakarta yang cukup maju, hal ini terbukti dengan kelengkapan saranan pendukungnya, seperti halnya perahu motor yang berukuran besar, terminal pengisian bahan bakar, rumah pondokan nelayan, hingga dengan tempat pelelangan ikan serta koperasi.

Dengan berkeliling ke penjuru pantai sadeng merupakan cara terbak untuk menikmati kemajuan perikanan di pantai tersebut, akan terlihat sekelompok nelayan yang membersihkan perahu, mengangkut ikan, menggiling es batu untuk dimasukkan ke dalam kotak ikan, hingga para ibu-ibu nelayan yang emngasuh anak-anaknya.

Selain hal tersebut, Anda juga dapat menyusuri bibir pantai yang ada di sebelah timur dan juga menuju gundukan pasir yang ada di dekat mercusuar. Pemandangan laut lepas akan terlihat jelas, beserta deburan ombak yang besar.

Demikianlah tadi seputar objek wisata pantai sadeng yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi wisata Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *