wisata danau toba

Hal menarik serta legenda dari objek Wisata Danau Toba

Posted on

Siapa yang tidak kenal denga wisata yang satu ini? tempat wisata yang terkenal akan legendanya. Yakni danau toba yang memiliki daya pikat paling utama dengan keindahan alam yang menawan hati.

Danau vulkanik terbesar di dunia ini adalah primadona wisata di sumatera utara. Danau ini menjadi tempat wisata yang ramai di kunjungi oleh para wisatawan mancanegara.

Danau toba ini membentang pada tujuh kabupaten yang ada di sumatra utara yakni samosir, toba, samosir, tapanuli utara, simalungun, humbang hasundutan, dairi dan tanah karo.

oleh karena itu panjang danau toba diperkirakan mencapai 100 km dengan lebar 30 km, dengan kedalaman mencapai 529 meter, dan luas sebesar 1.130 km persegi.

Hal menarik di danau toba

Anda dapat menemui beberapa tempat yang menarik lainnya yakni seperti di pulau samosir terdapat danau sidihoni dan danau aek natonang.

Danau aek natonang ini terletak di desa tanjungan, yaitu memiliki air yang sangat jernih di tengah rerumputan hijau yang tumbuh di sekelilingnya.

Dari tempat ini anda dapat menyaksikan panorama alam yang menarik dengan bentang perbukitan yang di tumbuhi pepohonan pinus.

Jika anda ingin mencari sebuah oleh- oleh khas batak, anda dapat pergi ke desa jangga untuk membeli kain ulos yang di tenun dengan begitu indahnya dengan motif yang sangat halus.

Desa jangga ini adalah salah satu tempat komunitas kain ulos tenun yang terkenal di sumatera utara dan disana anda juga dapat melihat proses pembuatannya.

Legenda dari danau toba

Menurut legenda danau toba ini berawal dari kisah keluarga siluman ikan. Yang pada suatu saat ada pemuda yang mencari ikan dan berhasil mendapat kan seekor ikan, akan tatpi itu bukan seekor ikan biasa melain dapat berubah menjadi sosok wanita yang cantik.

Singkat ceritanya mereka pun menikah dan memiliki seorang anak yang bernama samosir, wanita itu memeberi pantangan agar suami tidak mengucap anak ikan.

Suatu saat samosir di minta untuk mengantar makanan pada sang ayah di ladang, namun samosir malah memakan bekal ayahnya di tengah perjalana.

Dan sang ayah pun pulang ke rumah denga keadaan lapar, di tengah perjalanan pulang ia melihat sisa makanan yang sudah di makan samosir, pada akhirnya sang ayah marah dan mngatakan samosir anak ikan.

Seketika itu turun hujan yang sangat deras dan menjadi sebuah danau dan di sebut pulau samosir.

Nah, itulah sedikit informasi dari kami mengenai objek wisata danau toba. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *